2017-06-20: Restaurant Ikan Tude (BukBer)

2017, Juni 20: Restaurant Ikan Tude Jl. Blora; Acara Buka Puasa Bersama (Bukber)

Hadir: Sergei, AYA, Ludy, iPul, Yusak, Kijo, Zoplo, Herman

Topik pembicaraan antara lain:

  • Gross Split: secara 'speed' dan 'innovation' peluncuran GS ini sangat baik. Tapi angkanya masih salah, sehingga tidak menarik investor. Deepwater exploration diberi insentif besar dibandingkan onshore, padahal onshore operation bisa jauh lebih mahal dari pada deepwater. 
  • Pemerintah: banyak hubungan kurang harmonis, antara menteri, dengan wamen. Antara men/wamen dengan dirjen. Antara dirjen yang sirik dengan gaji tinggi Skk. Antara menko dengan lain-lain. Kepentingan pribadi di atas kepentingan negara. Jadi banyak berantakan. Tidak ada lon-term planning / blue print energi nasional yang bisa diikuti dengan baik.
  • Kontribusi GL85: karena ada pengamat, praktisi, pemerintah, perwakilan investor dlsb., rasanya group ini bisa kontribusi lebih banyak daripada cuma bukber, makan2, dan foto2 bersama. Mungkin bisa dibuat Forum GL85, supaya ada hasil diskusi yang konkrit, terukur, diperlukan dan bisa diterapkan (sebelum kita ketemu presiden RI dan menteri2-nya untuk mengajukan pengarahan dan usulan ;)
  • Mengenai Minerba: masukan / diskusi tetap akan ditampung, tapi memang pertemuan kemarin masih didominasi oleh group Migas. Group Minerba masih banyak diam kayaknya, meskipun pakar dan pentolan juga banyak dalam group ini.
  • OK sekali lagi... tolong dikorek, ditambahi, dicoret yang tidak benar,.... sebelum saya upload ke blog.
Untuk yang akan datang diharapkan:
  • Mahjus untuk turut serta untuk memberikan masukan dari sudut pandang ekonomi
  • Teman2 di bidang Minerba juga bisa mulai menganalisa kebijakan pemerintah dan mengamati situasi nasional, regional, dan internasional. 

Comments

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  2. Ada diskusi tambahan tentang jalan2 :
    Komodo - paket 3D2N 2,5jt per pack or 25jt to booked the whole boat.
    Krakatau - 2D1N - cost belum ada.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

GL-85-Pendahuluan